Senin, 07 Oktober 2013

Serius Bangga?!

Di sela perkuliahan mata kuliah "Pengembangan Masyarakat Industri" ada kata2 dosen yang menarik, tentang penjajahan.
Awalnya kita membicarakan tentang kultur, eh nyerempet2 ke kultur indonesia yang konon sampai sekarang masih tertinggal perasaan penuh tekanan dan merasa rendah diri dari yang lain, bapak dosen menuturkan kembali "Warisan itu diduga kuat dari penjajahan Belanda" secara memang kita dijajah itu sekitar 3 1/2 abad. Ada kelanjutannya lagi, ngomong2 dengan penjajahan, jika kita membandingkan ex-penjajahan Inggris katanya mentalnya pada bagus2, saya pun berpikir mau-maunya dan bangga gitu kita dijajah?! Pada intinya mau dijajah oleh siapa pun kan tetep aja menderita.


Bro n sis, itu sih cuma pembukaan menuju pokok obrolan kali ini. Sebenernya saya ingin mengangkat perbedaan antara Penjajahan dan Pembebasan (Futuhat dalam Islam).

Penjajahan:
1. Bermaksud untuk mengeksploitasi besar-besaran daerah jajahan untuk mendapatkan kekayaan alam-misalnya-
2. Bersifat Keras, sehingga menimbulkan penderitaan, kalo ngga percaya buka2 sejarah Indonesia dalam peristiwa peras tenaga lewat RODI dan ROMUSA

Pembebasan (Futuhat):
1. Tidak mengeksploitasi tetapi mengembangkan wilayah yang jadi target pembebasan
2. Bertujuan untuk MEMBEBASKAN MANUSIA dari PENYEMBAHAN terhadap MAKHLUK menjadi PENYEMBAHAN kepada SANG PENCIPTA. ALLAH SWT.
3. Tidak menimbulkan penderitaan, contohnya ketika Pembebasan Konstantinopel, Pihak yang dipebaskan, yakni warga Konstantinopel tidak menyangka akan mendapatkan perlakuan yang halus dari kaum Muslimin pasca pembebasan, padahal awalnya mereka ketakutan akan kejadian2 terdahulu yang telah dialamu oleh pihak jajahan. Mereka membayangkan akan sengsara, dibunuh, dan disiksa dengan sadis. tapi TERNYATA KAUM MUSLIMIN MEMPERLAKUKAN mereka dengan ADIL sesuai dengan ATURAN ISLAM.

Note: Ngga sama antara Penjajahan dan Pembebasan. Coz:
PENJAJAHAN = PENDARITAAN
PEMBEBASAN = KEBAHAGIAAN

Ada yang mau menambahkan, Protes, dll silahkan, komen2 langsung di mariiiiiiiiiiiiii. Thank's ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar